Panwaslu Kecamatan Pagelaran Langsungkan Acara Sosialisasi Pengawasan Masyarakat,  Ini Penjelasan Ketua Panwaslu Pagelaran

0
Panwaslu Kecamatan Pagelaran Langsungkan Acara Sosialisasi Pengawasan Masyarakat,  Ini Penjelasan Ketua Panwaslu Pagelaran
Views: 57

Tirtanews.co.id, Pandeglang, Banten – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Banten, melalui Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pagelaran, menggelar acara sosialisasi Pengawasan Masyarakat Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 Perjanjian Kerjasama (MoU) Netralitas Aparatus Sipil Negara (ASN) Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Panwaslu Kecamatan Pagelaran.

Acara yang digelar di Gedung Koperasi Pagelaran tersebut, turut dihadiri Muspika Kecamatan Pagelaran, Kades Pagelaran, Forum BPD Kecamatan Pagelaran, PPDI Kecamatan Pagelaran, beserta undangan lainnya.

Dijumpai usai melaksanakan sosialisasi, Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran, Eep Aepudin, mengatakan, sosialisasi kali ini, segmentasinya untuk ASN yang berada di wilayah Kecamatan Pagelaran. Selain itu juga, kata Eep, sosialisasi ini diikuti juga oleh FK BPD, APDESI, dan PPDI Kecamatan Pagelaran. “Pada sosialisasi ini, kami menghimbau kepada semuanya agar netralitas ASN ini betul betul dilaksanakan karena sesuai dengan azas bahwa aslzas ASN ataupun unsur lain yang disebutkan tadi harus netral,” ungkap Ketua Panwaslu Kecamatan Pagelaran, Eep Aepudin, Jum’at (30/08/2024).

Adapun netralitas ASN berarti, lanjut Eep, tidak memihak kepada salah satu calon tidak menguntungkan salah satu calon atau tidak merugikan salah satu calon. “Dan mudah mudahan dengan adanya sosialisasi netralitas Pilkada serentak tahun 2024 ini berjalan dengan lancar, tidak terjadi pelanggaran pelanggaran di wilayah Kecamatan Pagelaran,” tambahnya.

Dan apabila nanti pada pelaksanaannya ada laporan atau temuan pelanggaran, sambung Eep, pasti kami akan tindak, kami akan kaji dan investigasi ke lapangan dan kemudian di pleno kan, itu pun kalau ada pelanggaran yang selanjutnya nanti akan kami rekomendasikan kepada Bawaslu Kabupaten Pandeglang.

Panwaslu Kecamatan Pagelaran akan memberikan himbauan baik secara lisan atau pun secara tulisan bukan hanya kepada ASN tapi, kepada masyarakat yang apabila menemukan ASN yang melanggar atau berkampanye atau yang menguntungkan atau merugikan salah satu pihak Paslon, silahkan laporkan saja kepada kami, jangan takut nama atau identitas pelapor itu pasti akan kami rahasiakan nama yang melaporkan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, mewakili Camat Pagelaran, Sekmat Kecamatan Pagelaran Tatang Fauzi SE, MM turut menambahkan. Menurutnya, kegiatan sosialisasi netralitas ASN yang digelar oleh Panwaslu Kecamatan Pagelaran, sangat bermanfaat. “Tadi Muspika Kecamatan Pagelaran telah menghadiri acara sosialisasi Panwas terkait integritas netralitas ASN pada pemilihan serentak pilkada 2024, kami mengapresiasi setinggi tingginya kepada Bawaslu kabupaten Pandeglang dalam hal ini Panwaslu Kecamatan Pagelaran,” ujar Sekmat Pagelaran.

Panwaslu Kecamatan Pagelaran, lanjut Tatang, telah melaksanakan tahapan tahapan pemilu pada tahun 2024. Salah satunya tadi kami telah menandatangani kerjasama atau MoU dengan Panwaslu kaitan dengan netralitas ASN, Kades, FK BPD dan juga forum patayat dan kemudian seluruh unsur muspika lainnya. “Tentunya kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat agar supaya ASN netral mengikuti tahapan tahapan Pemilu,” kata Tatang Fauzi.

Masih kata Sekmat Pagelaran, kaitan netralitas, tentunya kami juga sudah melakukan pembinaan melalui kepegawaian daerah agar ASN ini menjaga netralitas sesuai fakta integritas yang SDH di tanda tangani oleh masing masing ASN. Selanjutnya, lanjutnya, pencegahan juga tidak hanya dilakukan oleh Panwaslu, kami juga telah melakukan pencegahan dengan Korwil Pendidikan, Korluh KB dan unsur ASN lainnya.

Agar ASN tidak kena sangksi hukum supaya ASN di Kecamatan Pagelaran khususnya umumnya Kabupaten Pandeglang benar benar menjaga netralitas dan kondusifitas di wilayah dan menjaga dirinya dari hal hal yang berkaitan dengan sanksi hukum pada pilkada tahun 2024 ini,” pungkasnya. (Ri3z/02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *