Anggota Babinsa Jajaran Kodim 0602/Serang Berlatih Debus Menjelang HUT TNI Ke 78 Tahun 2023

0
Anggota Babinsa Jajaran Kodim 0602/Serang Berlatih Debus Menjelang HUT TNI Ke 78 Tahun 2023
Views: 68

Kota Serang, TirtaNews – Menjelang HUT TNI Ke 78, anggota babinsa dari koramil jajaran Kodim 0602/Serang mempersiapkan diri untuk menampilkan pertunjukan Debus saat puncak HUT TNI Ke 78 Tahun 2023.

Sebelum pelaksanaan anggota babinsa yang mengikuti debus diharuskan mengikuti ritual dan latihan yang dilaksanakan di makodim 0602/Serang Jln. Raya serang pandeglang Km 4.5 Tembong Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Provinsi Banten, Jumat (22/09/2023).

Dandim 0602/Serang Kolonel Arm Fajar Catur Prasetyo S.E., M.M menerangkan. Dalam setiap proses pasti terdapat adanya sebuah tahapan yang harus dilalui, tahapan-tahapan tersebut dilalui untuk pencapaian tujuan tertentu. Pada kesenian debus Banten ini terdapat adanya tahapan-tahapan dimana setiap pemain debus harus dapat melewatinya yaitu dinamakan proses ritual. Dalam tahapan ini setiap pemain debus harus sungguh-sungguh untuk melewatinya, karena tahapan ini merupakan awal dalam mempelajari debus itu sendiri,” ucapnya.

“Pada setiap tahapan tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa tahapan yang terkadang sulit untuk dilalui oleh pesertanya. Disinilah kita mulai mengetahui apa saja tahapan dalam proses ritual itu sendiri dari awal hingga akhir serta kesulitan seperti apa yang harus dilalui dan dijalani.

“Pada setiap ritual yang dilakukan oleh pemain debus bersifat sakral dan bahkan ritual itu hanya dapat diketahui oleh orang yang memang benar-benar mendalami kesenian debus, tidak semua orang tahu apa saja ritual pada kesenian debus Banten ini karena sifatnya sangat rahasia,” ungkap Dandim.(Pendim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *