Pendangkalan Sungai Muara Dikeluhkan Nelayan Pontang, HNSI Kabupaten Serang Akan Audensi Dengan Balai

0
Pendangkalan Sungai Muara Dikeluhkan Nelayan Pontang, HNSI Kabupaten Serang Akan Audensi Dengan Balai
Views: 99

Kab Serang, TirtaNews – Ratusan warga Desa Kubang Puji Kecamatan Pontang Kabupaten Serang beramai-ramai pergi ke Laut ikuti festival Nelayan, Minggu (20/08/2023).

Kepala Desa Kubang Puji Juju Setiadi mengatakan bahwa festival Nelayan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78.

“Festival Nelayan ini kami laksanakan setiap tahun di bulan Agustus, dan ini tahun kedua kita melaksanakannya sebagai rangkaian memperingati HUT RI ke 78,” ujar Kades.

Lanjut Kades, acara ini bukan sekedar seremonial belaka tetapi saya berharap para stakeholder dan undangan dari dinas terkait bisa tahu kondisi wilayah kami secara langsung, sambungnya.

“Saya ingin Balai besar maupun PUPR tahu pendangkalan yang terjadi di sungai muara yang selama ini sangat membuat sulit masyarakat nelayan kami, ” ucap Kades.

Sungai Muara disini kata Kades, kondisinya sangat dangkal dan tidak bisa dilalui perahu nelayan apalagi di musim kemarau seperti sekarang, sehingga penghasilan nelayan kami pun sangat kecil, jelas kami butuh normalisasi sungai muara, karena ini menyangkut kesejahteraan nelayan kami, itu tujuan utamanya, tegas Kades.

“Selain untuk mempererat tali silaturahmi masyarakat Kubang Puji, kami ingin ada perhatian dari Dinas terkait untuk segera melakukan normalisasi, karena dari 5000 warga Kubang puji 3000 nya adalah nelayan, ” beber Kades.

Masih kata Kades, yang ikut festival hari ini hanya perahu kecil karena perahu besar tidak bisa ikut disebabkan airnya dangkal, mudah-mudahan dinas terkait segera menindaklanjuti keluhan kami, agar Nelayan kami bisa kembali mengais rezeki di Laut tanpa ada kendala lagi, harapnya.

Taty Sagita Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan anak Nelayan DPC HNSI Kabupaten Serang mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Kubang Puji sebagai bentuk perhatian kepada nelayan.

“Saya mengapresiasi kegiatan Festival Nelayan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Kubang Puji ini, mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi, dan harapan para nelayan tentang normalisasi sungai muara bisa segera ditindaklanjuti, agar makna Kemerdekaan yang sesungguhnya bisa mewujudkan kesejahteraan dapat dirasakan oleh nelayan khususnya nelayan Desa Kubang Puji,” terang Taty.

“Insyaallah kami atas nama DPC HNSI Kabupaten Serang akan mendorong dan terus mengawal apa yang menjadi harapan para nelayan, kami akan melayangkan surat audiensi dengan BBWSC3,” pungkasnya.(Az/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *